Kamis, 18 Januari 2018
http://www.zoofirma.ru/
http://www.zoofirma.ru/

Duta Besar Rusia di PBB Meninggal Dunia

Ditulis oleh  Diterbitkan di Internasional Sabtu, 11 Maret 2017 08:20
Nilai butir ini
(0 pemilihan)

unNew York - Duta Besar Rusia untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Vitaly Churkin meninggal di New York, Amerika Serikat, Senin (20/2). Selama ini, politikus berusia 64 tahun itu dikenal piawai menangkis kritik Barat dan lihai membela manuver Moskwa di Ukraina dan Suriah.Pada Senin pagi, Churkin pingsan saat sedang bekerja di misi Rusia untuk PBB. Dia dilarikan ke rumah sakit Manhattan. Menurut sumber-sumber diplomatik Churkin ternyata menderita masalah jantung.Dalam sebuah pernyataan, kementerian luar negeri di Moskwa menggambarkan Churkin sebagai diplomat luar biasa. Namun tidak ada informasi tentang penyebab kematian.

Churkin meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.Kantor berita Interfax melaporkan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan Presiden Vladimir Putin sangat menghargai profesionalisme dan bakat diplomatik Vitaly Churkin dan menyampaikan belasungkawa.Berita kematian Churkin menjadi kabar mengejutkan di markas besar PBB, tempat Churkin akan merayakan ulang tahunnya yang ke- 65 pada Selasa (22/2).

Para diplomat yang menggelar pertemuan rutin di Majelis Umum pun

menggelar upacara mengheningkan cipta.Wakil Duta Besar Rusia PBB Petr Iliichev mengatakan Churkin sedang bekerja bahkan sampai saat-saat terakhir. “Kami telah kehilangan seorang diplomat terkemuka, negosiator ulung, individu yang baik, guru, dan dia akan selalu tetap dalam ingatan kami,” kata Iliichev.Churkin dikenal sebagai diplomat karier yang lahir di Moskwa.

Dia belajar bahasa Inggris dari usia muda. Lulusan Institut Hubungan Internasional Moskwa ini telah menjadi duta PBB sejak April 2006, setelah sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Rusia untuk Kanada dan Belgia.Selama dekade itu, hubungan antara Rusia dan Barat tumbuh semakin tegang.

Belakangan, ketegangan itu berpuncak dengan keretakan besar atas dukungan Moskwa untuk separatis di Ukraina timur dan intervensi militer di Suriah.Dalam bulan-bulan terakhir, Churkin telah berulang kali berseteru dengan Duta Besar AS Samantha Power atas pertumpahan darah di Aleppo. Churkin kukuh mempertahankan pandangan Moskwa bahwa pemerintah Suriah telah melancarkan perang habis-habisan melawan teroris.

Baca 8570 kali Terakhir diubah pada Kamis, 11 Januari 2018 04:49
Selengkapnya di dalam kategori ini: Negara Asia Harus Bangkit Kata Jokowi »
Masuk untuk memberikan komentar

 

 

logo panjang 300 bw

www.nuansamigrant.com

Jl. Raya Semanding RT.01 / RW.07

Kepanjen - Malang

Jawa Timur - Indonesia

Beranda | Info Iklan | Redaksi

Peta Lokasi

add google map to website

Facebook Kota Malang