Kamis, 18 Januari 2018
http://www.zoofirma.ru/
http://www.zoofirma.ru/

Rokok Menjerat Indonesia

Ditulis oleh  Diterbitkan di Indonesiaku Sabtu, 11 Maret 2017 08:01
Nilai butir ini
(0 pemilihan)

rokokSetiap hari, lebih dari 600 juta batang rokok dibakar di Indonesia. Pembelian rokok oleh keluarga Indonesia selama 2013 diperkirakan mencapai lebih dari Rp 605 miliar sehari atau Rp 221 triliun setahun.

Tingginya konsumsi rokok itu sejalan dengan perilaku masyarakat dalam mengonsumsi rokok. Survei Sosial Ekonomi Nasional 2016 menunjukkan rokok menjadi pengeluaran ketiga tertinggi orang Indonesia dalam kelompok makanan sebesar 13,80 persen.

Pengeluaran untuk rokok hanya kalah terhadap pengeluaran untuk makanan dan minuman jadi sebesar 29,05 persen dan padi-padian sebesar 14,02 persen. Pengeluaran rokok itu sebanding dengan pengeluaran untuk sayur-saturan ditambah telur dan susu.Pola pengeluaran itu sama untuk seluruh kelompok ekonomi masyarakat. Namun, makin sejahtera mereka, porsi pengeluaran mereka terhadap rokok makin besar dan menduduki peringkat kedua, mengalahkan pengeluaran untuk padi-padian, ikan, telur-susu, maupun sayur dan buah.

Ditengah besarnya porsi konsumsi masyarakat Indonesia terhadap rokok itu, Dewan Perwakilan Rakyat justru menggagas Rancangan Undang-Undang Pertembakauan untuk melindungi petani tembakau, buruh pabrik dan industri rokok.

Meski rokok terbukti menjerat masyarakat dalam kemiskinan, namun perhatian kesejahteraan masyarakat itu justru luput dari pantauan. Karena itu, keberpihakan pemerintah terhadap keluarga miskin Indonesia untuk mengeluarkan mereka dari jerat kemiskinan ditunggu.

Baca 34665 kali Terakhir diubah pada Kamis, 11 Januari 2018 04:47
Masuk untuk memberikan komentar

 

 

logo panjang 300 bw

www.nuansamigrant.com

Jl. Raya Semanding RT.01 / RW.07

Kepanjen - Malang

Jawa Timur - Indonesia

Beranda | Info Iklan | Redaksi

Peta Lokasi

add google map to website

Facebook Kota Malang